Tips Menjaga Baterai PLTS Agar Awet

Tips Menjaga Baterai PLTS Agar Awet

Saat ini isu global warming semakin kencang berembus dan hal tersebut membuat banyak orang berpikir untuk mengurangi dampak yang timbul. Banyak sekali cara yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah penggunaan PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Kecanggihan teknologi membuat perkembangan PLTS semakin pesat dan semakin baik, baik itu dalam tingkat efisiensi atau yang lainnya. Oleh karena itu, dengan adanya PLTS membuat penggunaan listrik menjadi lebih ramah lingkungan dan lebih hemat biaya listrik.

PLTS memiliki beberapa komponen dan salah satu komponen yang paling penting adalah baterai. Tanpa baterai maka PLTS tidak bisa bekerja dengan baik. Namun tak selamanya PLTS bisa berfungsi dengan normal karena baterai sering menjadi masalah. Agar bisa mengatasi masalah pada baterai PLTS, ketahui beberapa tips menjaga baterai PLTS agar awet.

Cara Agar Baterai PLTS Awet

Sebelum mengetahui beberapa tips menjaga baterai PLTS agar awet, ketahui telebih dulu pengertian dari PLTS. PLTS merupakan pembangkit listrik yang prosesnya mengubah energi surya menjadi energi listrik. Terdapat dua cara pembangkitan listrik yang dilakukan yaitu secara langsung yang menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung yang menggunakan cara pemusatan energi surya.

Fotovoltaik sendiri merupakan proses mengubah energi cahaya menjadi listrik secara langsung yang memanfaatkan efek fotoelektrik. Cara tersebut berbeda dengan pemusatan energi surya yang menggunakan sistem lensa atau cermin yang dikombinasikan dengan sistem pelacak agar fokus energi berada pada satu titik untuk menggerakkan mesin kalor.

Baca juga : Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya di Indonesia untuk Masa Depan

PLTS memiliki banyak sekali komponen, namun dalam penggunaannya terdapat beberapa komponen penting. Salah satu komponen yang memiliki peran penting adalah panel surya atau solar cell. Selain itu, ada juga komponen penting yang lainnya seperti charge controller, inverter DC to AC, serta baterai. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa baterai juga merupakan salah satu komponen penting karena fungsinya untuk menyimpan energi dari panel surya. Listrik yang tersimpan pada baterai nantinya bisa digunakan sebagai sumber listrik malam.

Jika melihat fungsinya, maka perawatan baterai harus dilakukan dengan maksimal agar PLTS bisa berfungsi dengan normal sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, ketahui tips menjaga baterai PLTS agar awet di bawah ini:
Tips Menjaga Baterai PLTS Agar AwetA. Baterai VLRA

Untuk Anda yang belum tahu, baterai VLRA merupakan kepanjangan dari Valve Regulated Lead Acid – wikipedia.org. Istilah ini mungkin asing namun Anda pasti mengenal aki atau baterai kering. VLRA yang juga disebut dengan SLA atau Sealed Lead Acid biasanya disebut dengan aki atau baterai kering di Indonesia. VLRA merupakan baterai yang bersifat tertutup sehingga penguapan yang terjadi sangat kecil sehingga tidak membutuhkan cairan electrolyte untuk tambahan selama baterai masih dalam kondisi yang bagus.

Minimal menggunakan baterai VLRA akan memaksimalkan fungsi PLTS. Jika dibandingkan dengan aki basah, harga aki kering lebih mahal tapi penggunaannya bisa lebih lama sekitar satu tahun lebih. Baterai akan lebih awet jika solar panel dan beban memiliki kondisi yang sesuai dengan kapasitas baterai.

Baca juga : Kelebihan memasang Solar Cell untuk Rumah Tangga

B. Produk Baterai Berkualitas

Agar memiliki performa yang maksimal, pastikan untuk memilih baterai dengan kualitas yang baik. Anda bisa membeli baterai minimal VLRA AGM (Absorptive Glass Mate) atau VRLA Gel. VLRA AGM terdapat lembaran separator fiber glass atau serat kaca untuk menyerap cairan electrolyte dan DoD atau Depth of Discharge 30% baterai cycle life bisa mencapai 1400 cycle. Berbeda dengan VRLA Gel yang menggunakan cairan electrolyte berbentuk gel yang sifatnya lebih solid dan kaku. Depth of Discharge (DoD) 30% baterai cycle life lebih besar daripada WRLA AGM yaitu mencapai 2000 cycle.

C. Memperhatikan Controller

Pada PLTS, komponen BCR yang merupakan controller harus selalu diperhatikan. Fungsinya yang berguna untuk mengatur arus dari panel surya atau mengatur batasan minimal untuk tegangan baterai harus diperhatikan secara rutin agar baterai tidak rusak.

Dengan mengetahui cara menjaga baterai dan pemilihan baterai yang tepat, bisa dipastikan jika PLTS yang digunakan bisa lebih awet dan berfungsi maksimal. Itulah sedikit ulasan tentang tips menjaga baterai PLTS agar awet. Semoga bermanfaat.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *