Kenali Apa Saja Tipe-Tipe PJU Tenaga Surya

Kenali Apa Saja Tipe-Tipe PJU Tenaga Surya

Penerangan jalan umum merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan setiap pengguna jalan. Tak lain adalah untuk meningkatkan keselamatan dan juga kenyamanan dalam berkendara ataupun ketika melintas.

Adanya penerangan jalan membuat kemampuan kita untuk memandang dan mengetahui kondisi jalanan lebih mudah. PJU sendiri ada yang berasal dari tenaga surya. PJUTS sangat menguntungkan karena menggunakan tenaga atau energi matahari dalam mengisinya. PJUTS ini juga memiliki beberapa tipe.

Lampu PJU dengan tenaga surya ini memang dirasa menjadi alternatif yang murah dan hemat sebagai sumber listrik penerangan. Alasannya karena menggunakan sumber energi yang tak terbatas. Lampu PJUTS ini akan secara otomatis menyala pada sore hari dan akan padam di pagi hari. Perawatannya juga mudah dan efisien selama bertahun-tahun lamanya.

Berikut ini beberapa tipe dari PJUTS yang bisa anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya.

Tipe-Tipe PJU Tenaga Surya yang Bisa Dipertimbangkan

Untuk menggunakan PJUTS, anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu apa saja tipe yang cocok. Tak lain karena PJUTS ini ada yang all in one dan ada juga yang PJUTS konvensional. Ada perbedaan dari keduanya, berikut ini ulasan yang bisa anda simak.

1. PJUTS All In One

Perbedaan secara umum produk PJUTS ini merupakan seluruh komponen ada di dalam satu wadah atau rumah yang konkret. Yakni lampu, solar panel dan juga baterai yang ada dalam satu rumah lampu. Dengan kelengkapan inilah merupakan bentuk PJUTS all in one yang sangat kompak dan juga cocok untuk digunakan dalam mempercantik lingkungan. Lampu ini juga dilengkapi dengan baterai lithium lifepo4 yang bisa menyimpan energi secara otomatis.

Baca juga : Macam-Macam Watt dalam PJU Tenaga Surya

Lampu ini juga memiliki sensor otomatis untuk menyala ketika gelap dan mati disaat matahari bersinar. Harga satu buah lampu ini ada di kisaran antara 5 hingga 8 jutaan dengan garansi seluruh komponen selama 2 tahun. Dengan bentuknya yang demikian, lampu ini juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh PJUTS jenis lainnya. Yakni bisa mengatasi pencurian karena komponennya yang ada di dalam satu rumah.

tipe-tipe lampu led pju solar cell

2. PJUTS Konvensional

Berbalik dari PJUTS versi all in one, komponen yang ada di dalam PJUTS konvensional ini terpisah secara keseluruhan. Salah satu contohnya adalah PJUTS konvensional dengan tipe 20/30 watt single oktagonal 7 m. Tipe ini merupakan yang paling murah dengan harga kisaran sekitar Rp. 14 jutaan.

Baca juga : Daftar Harga Lampu LED PJU Tenaga Surya

Dengan komponen yang terpisah ini, bentuk lampu tentu tidak ramping dan juga kompak seperti tipe all in one. Namun PJUTS konvensional ini dari segi harga memang akan lebih mahal. Tak lain karena tipe lampu ini merupakan paket lengkap sehingga komponen yang ada di dapat serta garansinya lebih banyak dan lebih lama.

Komponen pada paket ini berupa solar panel, controller, box baterai powder coating, lampu LCD hingga dilengkapi tiang oktagonal galvanized. Garansi untuk solar panel 25 tahun dan jugagaransi controller 1 tahun.

Selain itu, PJUTS konvensional juga memiliki kelebihan yakni lampunya dirancang dengan teknologi LED terbaru yang mana akan hemat daya. Tingkat penerangan juga lebih tinggi dan kuat. Juga, lampu ini bisa anda gunakan sampai 60 jam dengan desain yang simple dan begitu artistik.

Yang perlu anda ketahui, meskipun sama-sama PJUTS tetapi keduanya memiliki kelengkapan dan keunggulan yang berbeda. Ini juga menjadi alassan mengapa harga lampu dengan tenaga surya berbeda-beda. Tipe PJU tenaga surya juga memiliki keunggulan yakni memudahkan kita untuk menginstalasinya. Bisa juga dibongkar pasang dengan cepat di lokasi mana saja. PJUTS ini bisa anda pasang dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Tips memilih PJU Tenaga Surya yang Awet

Umur pemakaian PJUTS juga cukup lama dan tidak membutuhkan biaya listrik ataupun jaringan yang memerlukan banyak kabel. PJUTS tidak membutuhkan perawatan yang sulit dan memudahkan anda untuk memberi penerangan lebih maksimal. PJUTS diharapkan bisa menjadi alternatif tepat untuk memberi penerangan di perumahan – perumahan, areal keamanan hingga tempat parkir dan lain sebagainya.

Dua tipe dari PJU tenaga surya ini akan memberi anda pilihan sesuai dengan kebutuhan. PJUTS memang berbasis LED dengan panel surya ataupun solar cell yang digunakan sebagai sumber listirk. PJU menggunakan tenaga matahari ini memang ramah terhadap lingkungan dan lebih hemat jika dibandingkan PJU jenis lainnya.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *