Begini 4 Cara Perawatan PJU Tenaga Surya

Begini 4 Cara Perawatan PJU Tenaga Surya

Sumber energi gratis dari tenaga surya yang tidak ada batasnya adalah matahari dimana daya listrik untuk lampu yang di suplai energinya. Prinsip dari PJU untuk menerangi kawasan tertentu pada luas bidang tertentu pula sehingga bisa di aplikasikan pada penerangan lain selain penerangan jalan.

Pertumbuhan lampu penerangan jalan mengalami peningkatan yang lumayan pesat dari tahun ke tahun terakhir ini. Upaya penghematan energi dan biaya serta dalam rangka mendukung komitmen untuk hemat energi perlu dilakukan agar berkurangnya pemborosan untuk penerangan.

Penggunaan lampu hemat energi saat ini didukung oleh banyaknya ketersediaan berbagai lampu hemat energi yang makin kompetitif dan lebih baik. Lampu PJU tenaga surya tidak tergantung pada jaringan utilitas sehingga mengurangi biaya operasionalnya dan lampu nirkabel tidak terhubung ke penyedia listrik.

PJU bergantung pada energi panas dihasilkan dari sinar matahari otomatis menyimpan tenaga surya sepanjang hari dan membutuhkan perawatan lebih rendah. Dalam perawatan lampu penerangan di jalan sangatlah penting dikarenakan untuk keawetan lampu tahan lama dan agar komponen tidak cepat rusak.

Baca : Manfaat PJU Tenaga Surya untuk Rakyat

Cara Perawatan PJU Tenaga Surya yang Benar

1. Perawatan pada kabel instalasi

Perawatan dari kabel instalasi seringnya penggalian kabel telkom, instalasi air PDAM yang sering dilakukan tanpa koordinasi kadang membuat ukiran goresan. Ukiran goresan yang mengakibatkan arus singkat atau yang biasa disebut konsleting meskipun goresan kecil bisa mengakibatkan kejadian yang bisa fatal. Bisa sampai menyebabkan kejadian kabel instalasi bawah tanah bisa terbakar apabila belum tahu mana yang tergores akan sangat berbahaya sekali.

Kabel instalasi di bawah tanah bisa menyebabkan setruman, sebelum terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan akan dilakukan pengecekan kebocoran kabel instalasi. Kebocoran yang telah terjadi di dalam tanah akan ada arusnya yang bisa terbaca dengan volt meter dengan ini kabel instalasi aman.

Baca : Perbedaan PJU Tenaga Surya Konvensional dan PJU All in One

2. Perawatan pada tiang listrik

Perawatan tiang listrik juga butuh perhatian dan tidak boleh luput dari pantauan karena sering juga terjadi pencurian dengan melepas baut. Biasanya baut yang terlepas bisa mengakibatkan robohnya tiang listrik tersebut selain itu korosi juga bisa berakibat fatal yang bisa saja terjadi. Biasanya terjadi di kawasan pantai karena udaranya mengandung garam dan rutin pengecekan agar aman dan sekarang tiang listrik banyak diganti galvanis.

Karena galvanis tahan pada korosi jadi kekhawatiran tiang listrik dampak roboh pada korosi akan berkurang dan mengupayakan keselamatan masyarakat disekitarnya. Karena khawatir dengan keselamatan pada para pengguna jalan yang bisa saja terjadi kecelakaan saat tiang roboh maka sering dilakukan pengecekan.

cara merawat pju solar cell yang benar

3. Perawatan pada penerangan

Pada perawatan PJU tenaga surya sangat penting dilakukan sampai biasanya ada penjadwalan petugas keliling pada malam hari dengan cara bergantian. Selain dari hasil keliling setiap malam yang dilakukan oleh petugas tidak jarang ada laporan kondisi lampu dari masyarakat sekitar. Biasanya yang terjadi lampunya kurang terang kadang dikarenakan debu maka dilakukan dengan mengelap supaya dalam proses menyerap matahari tidak terhalangi.

Selain perawatan yang mudah pemasangan lampu ini juga sangat mudah, cukup menancapkan di dalam tanah dan pilih tempat yang tidak menghalangi posisi. Posisi yang dimaksud adalah tidak menghalangi sinar matahari sewaktu proses panel surya menyerap energi matahari dan itulah perawatan penerangan lampu.

Baca : Tipe-Tipe PJU Tenaga Surya

4. Penggunaan controller

Controller pada sistem solar cell digunakan untuk menjaga keawetan dengan menjaga batas charge discharge baterai akan selalu dijaga dengan baik. Artinya saat siang hari terik (intensitas tinggi) baterai akan dijaga dan jangan sampai over charge dan akan memutus penyimpanan daya.

Penyimpanan daya dari panel surya pada nilai maksimum baterai penuh pada kisaran 13,8-14,8 volt. Demikian juga pada malam hari saat baterai digunakan untuk menyalakan lampu, controller akan mematikan lampu pada tegangan saat baterai menurun. Untuk saran penambahan satu buah panel surya dengan menambahkan kapasitas dan penggantian watt lampu LED agar mengisi battery lebih banyak.

Baca : Tips Memilih PJU Tenaga Surya yang Awet

Demikianlah penjelasan tentang informasi seputar perawatan PJU tenaga surya yang harus anda ketahui. Artikel di atas dapat anda jadikan sebagai tambahan wawasan untuk anda yang masih awam tentang Penerangan Jalan Umum.

Jika anda menemui beberapa kendala, anda dapat segera menghubungi pihak instalasi dimana anda membeli produk tersebur. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *