4 Komponen Pelengkap PJU Tenaga Surya

4 Komponen Pelengkap PJU Tenaga Surya

Ketika sedang melakukan perjalanan malam pasti sepanjang jalan diterangi oleh PJU atau Penerangan Jalan Umum. PJU memiliki jenis yang bermacam-macam namun yang paling sering digunakan adalah PJU Tenaga Surya.

PJU Tenaga Surya memiliki berbagai sebutan, seperti PJUTS atau PJU solar cell. Sesuai dengan namanya, PJU Tenaga Surya mendapatkan daya dari sinar matahari. Berbeda dengan jenis PJU lain, PJUTS memiliki beberapa komponen.

Baca : Jual PJU Tenaga Surya Terbaik Terlengkap

Komponen Pelengkap PJU Tenaga Surya

Untuk keterangan yang lebih jelas, berikut beberapa komponen pelengkap PJU Tenaga Surya :

A. Lampu LED

Lampu LED yang digunakan untuk PJU Tenaga Surya memiliki spesifikasi arus DC atau arus searah. Penggunaan spesifikasi lampu LED tersebut sangat penting karena menghindari penggunaan komponen yang lain yang bisa memakan biaya dan suplai daya. Jika lampu LED yang digunakan adalah spesifikasi dengan arus AC maka yang terjadi adalah penambahan biaya dan efisiensi daya menjadi turun.

B. Panel Surya

Panel surya adalah komponen yang penting karena daya PJU didapatkan dari komponen ini. Kapasitas yang dimiliki panel surya merupakan hasil dari penerimaan cahaya matahari pada panel yang diukur dalam satuan wattpeak (wp). Pada prosesnya, lama waktu penyinaran sering disebut dengan ekivalen matahari.

komponen pelengkap pju solar cell

C. Baterai

Baterai yang digunakan pada PJU Tenaga Surya menggunakan satuan ampere hours (Ah) yang memiliki tegangan yang beragam. Biasanya tegangan yang digunakan untuk PJUTS adalah 12 volt, 24 volt, dan 48 volt yang dipilih sesuai dengan kebutuhan sistem antara jarak kabel dengan baterai atau lampu LED.

Untuk baterai diperlukan beberapa pertimbangan yang harus dilakukan seperti kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan daya, penggunaan maksimal kapasitas baterai, serta penurunan kapasitas baterai yang biasanya dipengaruhi oleh suhu yang turun.

Baca : Tips Memilih PJU Tenaga Surya yang Benar

D. Solar Charge Controller

Komponen yang satu ini biasanya juga disebut dengan baterai kontrol yang pemilihannya harus sesuai dengan perhitungan penempatan perangkat itu sendiri.

Itulah sedikit ulasan tentang komponen pelengkap PJU Tenaga Surya. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Terima kasih.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *