Fungsi Panel Surya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Fungsi Panel Surya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seperti yang kita ketahui, panel surya digunakan untuk menyuplai energi listrik yang didapatkannya dari energi panas matahari. Dengan proses fotovoltaik, partikel-partikel kecil yang terpancar oleh sinar matahari akan diproses di dalam panel surya hingga di dapatkan sejumlah arus listrik.

Selama pengoperasiannya, panel tenaga surya tidak mengeluarkan emisi limbah, sehingga dianggap sangat ramah lingkungan. Dengan berlimpahnya energi matahari, membuat penggunaan panel surya di negara kita harus didukung dan dioptimalkan. Berikut adalah beberapa fungsi panel surya dalam kehidupan.

Baca juga : Teknologi dari Matahari untuk Masa Depan

Mengetahui Fungsi Panel Surya dalam Kehidupan

1. Menekan Penggunaan Energi Tak Terbarukan

Sudah lama manusia mengenal beberapa bahan bakar yang tidak bisa diperbarui dengan waktu yang singkat. Perlu waktu berjuta-juta tahun lamanya untuk bumi menyuplai kembali bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Mirisnya, manusia semakin acuh dengan keadaan minim energi tersebut, selain untuk bahan bakar kendaraan, manusia juga menggunakan kedua bahan tersebut sebagai pembangkit listrik.

Tentu saja lama kelamaan bahan-bahan fosil tersebut akan habis dan tidak lagi ada untuk generasi selanjutnya. Kemudian yang terjadi krisis energi terjadi dimana-mana dan membuat perekonomian di berbagai negara hancur. Penggunaan panel tenaga surya menjadi salah satu langkah untuk ikut andil dalam mengurangi ketergantungan kita akan bahan bakar fosil.

2. Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Kita pasti sudah tahu, bahwa kebutuhan kelistrikan kita sehari-hari masih disuplai dari bahan bakar fosil yang sangat sulit untuk diperbarui kembali. Dalam prosesnya, batubara dan minyak bumi juga harus diproses dengan menggunakan alat tertentu sehingga mengeluarkan emisi yang begitu kotor.

Emisi tersebut kemudian mencemari seluruh isi bumi dengan kandungan bahan kimia seperti CO2, hal inilah yang kemudian semakin memperburuk efek rumah kaca. Panel tenaga surya hadir menjadi jawaban untuk mengatasi dampak pencemaran tersebut, karena panel surya tidak akan menghasilkan emisi selama penggunaannya. Panel tenaga surya hanya memerlukan beberapa piranti serta energi panas matahari sebagai bahan penyuplai listrik.

3. Menghemat Penggunaan Listrik

Salah satu hal penting dari fungsi panel surya dalam kehidupan sehari-hari ialah, kita mampu menghemat penggunaan listrik yang ada. Dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli panel surya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari seperti lampu, televisi, memasak dan sebagainya.

Namun kalian masih bisa memetik keuntungan menggunakan panel surya sebagai penyuplai listrik cadangan di rumah. Jika listrik tiba-tiba mati, anda bisa memanfaatkan panel surya sebagai sumber listrik tanpa repot menghidupkan diesel atau pun menyalakan lilin.

fungsi panel surya dalam kehidupan sehari-hari

4. Sebagai Penerang Jalan Yang Ramah Lingkungan

Sebagai negara berkembang, Indonesia pastinya memiliki gengsi yang begitu tinggi terkait teknologi dan energi terbarukan. Ini terbukti dengan banyaknya daerah perkotaan atau desa yang kini dihiasi dengan PJU tenaga surya. Tentunya hal ini menjadi nilai plus untuk negara berkembang dalam mendukung penggunaan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Selain perkotaan, PJU tenaga surya juga banyak dibangun di wilayah pelosok yang masih belum dialiri listrik. Hal ini tentu saja sangat membantu masyarakat sekitar dalam beraktifitas di malam hari.

Baca juga : Cara Kerja PJU Tenaga Surya

5. Memenuhi Kebutuhan Listrik Di Daerah Tanpa Listrik

Selain PJU tenaga surya, panel surya juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah yang masih belum dialiri listrik. Mulai dari lampu, setrika, menghidupkan radio dan lain-lain bisa mereka lakukan dengan menyuplai listrik dari panel surya tersebut.

Biasanya, masyarakat sekitar masih melakukan pengadaan suplai tenaga surya secara swadaya, sehingga panel surya yang ada sangat terbatas karena mahalnya harga untuk sebuah panel surya. Sehingga tak jarang jika mereka banyak yang beralih mendapatkan listrik menggunakan energi mekanik dari aliran air.

Itulah beberapa fungsi panel surya dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kita ketahui bersama. Meski kelebihan yang dihadirkan begitu banyak, namun masyarakat Indonesia masih belum tertarik untuk menggunakan panel surya sebagai sumber listrik. Hal ini dikarenakan mahalnya harga panel surya.

Baca juga : Perencanaan PJU Tenaga Surya yang Tepat

Padahal sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai energi panas matahari yang begitu melimpah, sehingga sayang jika tidak diterapkansecara optimal. Semoga ke depannya pemerintah bisa memperhatikan dan mendukung penggunaan panel surya sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *