Cara Menghitung Daya Kebutuhan PLTS

Cara Menghitung Daya Kebutuhan PLTS

Di zaman yang serba modern ini banyak sekali yang mengeluhkan biaya hidup yang mahal, baik itu untuk kebutuhan makan, pendidikan, listrik, atau yang lainnya. Semua kebutuhan pokok semakin melambung, begitu juga dengan listrik yang pemakaiannya juga semakin besar. Untuk mengatasi biaya hidup yang mahal tersebut biasanya dilakukan berbagai macam alternatif, seperti menggunakan PLTS untuk kebutuhan listrik.

Penggunaan PLTS saat ini semakin berkembang karena dirasa sangat menguntungkan. Selain menekan pengeluaran, PLTS juga membantu keseimbangan alam karena fungsinya yang ramah lingkungan. Tapi karena biaya awal PLTS yang cukup mahal kadang membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk memanfaatkan sumber daya energi yang satu ini. Namun jika dipikirkan lagi, meskipun biaya awal PLTS mahal, biaya kehidupan selanjutnya akan lebih ringan dan untuk memaksimalkan hal tersebut, ketahui cara menghitung daya kebutuhan PLTS.

Baca juga : Perencanaan PJU Tenaga Surya yang Benar

Cara Menghitung Rumus Kebutuhan PLTS

Sebelum mengetahui cara menghitung daya kebutuhan PLTS lebih baik untuk mengetahui terlebih dulu poin-poin penting yang harus dipertimbangkan jika ingin menggunakan PLTS di rumah atau industri kecil yang dimiliki. Poin tersebut antara lain :

1. Poin pertama yang harus dilakukan adalah menentukan besaran watt dari inverter yang digunakan yang ditentukan dari besarnya kebutuhan watt yang akan di-backup. Misalnya kebutuhan listrik pada rumah adalah 200 watt/hour, maka inverter yang harus dipilih adalah daya 300 watt/hour. Pemilihan inverter hanya boleh dilakukan dengan nilai daya yang lebih dari beban/jam.

2. Setelah menentukan besaran watt dari inverter, tentukan juga baterai yang akan digunakan. Tipe baterai yang digunakan sangat penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi lamanya listrik bisa bertahan. Misalnya saja yang dipilih adalah baterai dengan nilai sebesar 12 volt 100Ah, maka untuk menghitung kemampuannya bisa menggunakan rumus P=V x I.

Jika melihat angka yang dimiliki maka akan menghasilkan P=12 x 100 sehingga ditemukan daya baterai adalah 1200 watt. Setelah itu harus diketahui juga jangka waktu baterai yang bisa bertahan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah jika total daya yang dimiliki 200 watt/hour. Untuk mengetahuinya sangatlah mudah yaitu dengan membagi kemampuan maksimal baterai dengan daya total pada rumah, seperti 1200 watt : 200 watt yang ditemukan hasil 6 jam.

cara menghitung rumus sistem plts

Jika sudah mengetahui dua poin penting yang harus dipertimbangkan, berikut cara menghitung daya kebutuhan PLTS :

A. Daya Total Kebutuhan Rumah

Daya total kebutuhan rumah pada berbagai alat elektronik harus diketahui dengan cara berikut ini:

1. Lampu 30 watt/hour x 4 hours (menyala) = 120 watt
2. Televisi 80 watt/hour x 4 hours (menyala) = 320 watt
3. Kulkas 100 watt/hour x 24 hours (menyala) = 2400 watt

Jika semua peralatan elektronik sudah tercatat maka jumlahkan sehingga diketahui total daya sebesar 2840 watt/day.

B. Jumlah Kebutuhan Solar Panel

Cara perhitungan jumlah kebutuhan solar panel pada rumah bisa menggunakan rumus:

Jumlah solar panel = Total daily watt : charging effective
Jumlah solar panel = 2840 watt/day : 5 hours
Jumlah solar panel = 568 wattpeak (wp)

Jika yang akan digunakan adalah solar panel dengan nilai 100 wp, maka yang digunakan adalah 568 wp : 100 wp = 5,68 pcs. Dengan begitu ditemukan jumlah solar panel yang dibutuhkan adalah 6 pcs sesuai dengan perhitungan dan pembulatannya.

C. Jumlah Kebutuhan Baterai

Jika baterai yang dipilih adalah 12 V 105 Ah, maka perhitungannya antara lain:
Jumlah baterai = 2840 watt/day : (12 V x 105 Ah)
Jumlah baterai = 2840 watt/day : 1260 watt
Jumlah baterai = 2,5 pcs

Baca juga : Tips Menjaga Baterai PLTS Agar Awet

Selain itu bisa juga menggunakan perhitungan daya yang akan digunakan selama 3 hari sehingga total daily watt (per hari) dikalikan 3 terlebih dulu, seperti:
Jumlah baterai = (2840 watt/day x 3) : (12 V x 105 Ah)
Jumlah baterai = 8520 watt/day : 1260 watt
Jumlah baterai = 6,7 pcs yang dibulatkan menjadi 7 pcs.

Jika sudah bisa mengetahui cara menghitung daya kebutuhan PLTS, maka banyaknya biaya yang dibutuhkan bisa diketahui dan bisa dipersiapkan dengan maksimal. Selaian dengan rumus diatas, anda juga bisa menghitung rumus atau kalkulasinya di website ini. Itulah sedikit ulasan tentang cara menghitung daya kebutuhan PLTS. Semoga bermanfaat.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *