Cara Mengajukan Lampu PJU ke Pemda

Cara Mengajukan Lampu PJU ke Pemda

 

Lampu PJU menjadi komponen yang sangat penting untuk mendukung kelancaran berlalu lintas. Selain dapat ditemukan di jalan yang dilalui kendaraan, lampu PJU juga diperlukan untuk penerangan jalan-jalan umum. Ada juga sebagian masyarakat yang secara swadaya merakit dan membangun lampu PJU untuk menerangi wilayahnya.

Padahal jika tidak diikuti dengan perizinan, lampu PJU tersebut bisa dianggap ilegal dan merugikan pihak PLN. Sebelum melakukannya, berikut adalah cara mengajukan lampu PJU ke Pemerintah daerah yang harus anda ketahui.

 

Mengetahui Cara Mengajukan Lampu PJU Ke Pemda Agar Tidak Dianggap Ilegal

1. Meminta Surat Pengajuan Ke Desa

Kebanyakan masyarakat desa akan melakukan perundingan terlebih dahulu terkait penerangan yang ada di suatu wilayah, setelah mendapati kesepakatan maka masyarakat bisa melakukan tahapan pengajuan. Hal pertama yang dilakukan untuk mengajukan pengadaan lampu PJU adalah dengan meminta surat pengajuan dari desa.

Namun sebelumnya anda perlu meminta surat pengantar dari Ketua RT dan Ketua RW untuk pengadaan lampu PJU tersebut. Setelah surat perizinan sudah ditanda tangani dan distempel oleh pihak Ketua RT dan RW, maka selanjutnya surat perizinan tersebut diserahkan oleh pihak desa.

2. Lanjut Ke Kantor Pemda Atau Pemkot

Surat perizinan yang sudah diberi stempel dan ditanda tangani oleh kepala desa selanjutnya diserahkan kepada pihak PEMDA (Pemerintah Daerah) atau PEMKOT (Pemerintah Kota) setempat. Merekalah yang bertugas untuk memutuskan semua penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah termasuk pada sektor penerangan jalan.

Nantinya, mereka juga yang akan mendanai seluruh kegiatan pemasangan PJU yang diajukan menggunakan dana APBD / APBN apabila sudah memenuhi syarat yang ada. Jadi masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya seperti apabila mereka melakukan pemasangan PJU secara swadaya.

cara meminta lampu pju ke pemerintah daerah

3. Pihak PLN Mensurvei Tempat Yang Diajukan

Setelah pihak PEMDA terkait sudah mengetahui mengenai pengajuan anda, maka tugas PEMDA selanjutnya adalah mengirimkan perizinan pemasangan PJU tersebut pada pihak PLN. PLN menjadi pihak yang berwenang karena merekalah yang menyediakan kebutuhan instalasi kelistrikan apabila PJU berhasil dibangun. Tapi sebelum mempersetujui permintaan masyarakat, PLN akan mengirimkan salah satu stafnya untuk mensurvei tempat yang hendak dipasang lampu PJU.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa wilayah yang dimaksud memang layak dan merupakan jalan umum yang perlu mendapat fasilitas lampu PJU. Survei ini juga bertujuan untuk mengetahui berapa unit lampu yang hendak dibangun serta biaya yang diperlukan untuk pemasangannya.

4. Pembayaran Biaya DItanggung PEMDA Terkait

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa apabila anda mengajukan pemasangan lampu PJU pada PEMDA, maka seluruh biaya pemasangan akan ditanggung oleh pihak PEMDA. Hal ini dikarenakan PJU atau penerangan jalan umum merupakan kebutuhan masyarakat luas. Sehingga sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk membiayai dan memfasilitasi kebutuhan umum tersebut.

PEMDA atau pemerintahan daerah merupakan perangkat yang dikhususkan untuk mengurus seluruh penyelenggaraan pemerintahan tingkat daerah, jadi sudah menjadi kewajiban mereka untuk membiayai pemasangan lampu PJU. Seluruh rincian estimasi biaya pengadaan lampu PJU akan dibuat langsung oleh pihak PLN, kemudian akan diserahkan kepada pihak PEMDA.

5. Pemasangan Instalasi PJU

Setelah melakukan beberapa tahapan cara mengajukan lampu PJU ke PEMDA di atas, maka langkah selanjutnya yaitu menunggu validasi dari pihak PEMDA untuk perizinan pemasangan. Jika permintaan pemasangan tersebut diterima dan disetujui oleh kedua pihak ini, maka pemasangan lampu PJU pun bisa dilakukan.

Setelah pihak PLN menyerahkan berkas rincian estimasi pembiayaan pemasangannya, pihak pemda kemudian akan membayarkan biaya instalasi listrik serta menyerahkan surat perizinan tersebut pada pihak PLN. Dan tahap akhirnya, pihak PEMDA akan mencarikan dan mendatangkan pihak kontraktor berizin resmi sebagai pelaksana pembangunan PJU pada wilayah yang disebutkan di surat perizinan tersebut.

Cara mengajukan lampu PJU diatas diharapkan diterapkan oleh masyarakat luas untuk mengurangi kerugian pihak PLN. Tanpa pengajuan izin tersebut, PLN bisa mengalami beberapa kerugian dan akan menimbulkan berbagai macam masalah di lingkup yang lumayan besar.

Oleh sebab itulah, sebagai warga negara yang baik tentu kita harus mematuhi peraturan yang sudah disahkan. Selain itu, anda dan masyarakat yang ada tidak perlu lagi membiayai pemasangan secara swadaya. Selama wilayah yang dimaksud termasuk kriteria jalan umum yang membutuhkan fasilitas lampu PJU.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *