Cara Hemat Listrik dengan PJU Tenaga Surya

Cara Hemat Listrik dengan PJU Tenaga Surya

PJU (Penerangan Jalan Umum) tenaga surya kini menjadi pilihan yang sangat tepat. Ditengah krisis energi seperti saat ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat bijak karena ikut andil dalam penyediaan listrik ramah lingkungan. Seperti namanya, PJU menggunakan panel surya untuk menyuplai energi listrik dengan sistem fotovoltaik dari sinar matahari. Tentu saja cara ini akan menghemat biaya operasional dan mudah diaplikasikan.

Baca : 5 Keunggulan Menggunakan Lampu PJU Tenaga Surya

Berikut adalah cara hemat listrik dengan PJU tenaga surya yang harus kita ketahui.

Mengetahui Cara Hemat Listrik Dengan PJU Tenaga Surya

1. Apa Itu PJU Tenaga Surya

PJU (Penerangan Jalan Umum) tenaga surya adalah sarana penerangan jalan yang ditenagai oleh panel surya sebagai sumber utama listriknya. Dalam pengerjaannya, PJU tenaga surya kebanyakan masih dilakukan swadaya oleh masyarakat, komunitas atau kelompok tertentu pada suatu wilayah.

Namun ada juga beberapa pemerintah daerah yang memerintahkan PEMDA setempat untuk mengadakan PJU tenaga surya di wilayah tertentu. Wilayah Indonesia yang masih belum teraliri listrik pun juga ada yang memiliki beberapa penerangan PJU tenaga surya, entah itu secara swadaya atau komunitas tertentu yang membiayainya. Selain itu ada juga di beberapa wilayah perkotaan yang dihiasi PJU tenaga surya sebagai penerang jalannya.

cara menghemat listrik pakai panel surya

2. Cara Kerja Panel Surya

Pada panel surya terdapat lapisan silikon yang terbagi menjadi dua, yaitu silikon tipe-p dan silikon tipe-n. Silikon inilah yang kemudian digunakan sebagai pemeran dalam penyuplaian arus listrik. Partikel-partikel panas matahari yang menyentuh kedua silikon ini mampu membuat silikon tipe-p dan tipe-n saling terhubung pada keadaan semikonduktor.

Baca : Cara Kerja PJU Tenaga Surya Secara Lengkap

Selama proses tersebut elektron berlebih akan bergerak ke arah semikonduktor tipe-n dan tipe-p yang akan menimbulkan polarisasi diantara keduanya, tipe-n menjadi kutub positif dan tipe-p menjadi kutub negatif. Polarisasi atau pengutuban tersebut kemudian akan membentuk medan listrik yang akan memberikan arus listrik dengan jumlah tertentu.

Arus listrik yang ada kemudian digunakan untuk menghidupkan lampu atau juga disimpan di baterai lampu PJU tenaga surya, biasanya lampu PJU tenaga surya akan menggunakan cadangan listrik tersebut ketika hari sudah mulai gelap.

3. Alasan Mengapa PJU Tenaga Surya Hemat

Kita semua tahu, bahwa PJU biasa memerlukan biaya instalasi listrik yang didapat dari pihak PLN setiap bulannya. Berbeda dengan PJU tenaga surya, PJU ini menyuplai kebutuhan listriknya secara independen tanpa perlu bantuan instalasi listrik oleh PLN. Dengan suplai listrik yang tersimpan dalam baterai, tentu lampu PJU tenaga surya bisa hidup mandiri tanpa perlu perawatan khusus.

PJU tenaga surya juga tidak memerlukan piranti tambahan seperti kabel yang harus ditanam di bawah tanah atau juga dipasang di atas permukaan tanah. Sehingga PJU tenaga surya bisa dinilai sebagai penerangan jalan yang praktis, simpel serta menghemat biaya perawatan.

led solar cell

4. Cara Hemat Listrik Dengan PJU Tenaga Surya

Sebagai masyarakat biasa tentu tidak bisa merasakan dampak hemat penggunaan PJU tenaga surya, karena seluruh biaya PJU biasanya ditanggung oleh Pemda setempat. Namun untuk golongan masyarakat yang secara swadaya membangun PJU tenaga surya, pasti dapat merasakan perbedaan pembiayaan yang ada ketika memakai PJU tenaga surya sebagai fasilitas penerangan jalan.

Baca : Fungsi Panel Surya untuk Kehidupan Sehari-hari

Meski biaya pengadaannya cukup besar, namun selama penggunaannya PJU tenaga surya tidak lagi memerlukan biaya yang banyak. Selain terhindar dari biaya tagihan listrik, PJU tenaga surya memiliki usia yang lebih lama jika dibandingkan dengan PJU yang menggunakan kabel. PJU tenaga surya juga tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal selama penggunaannya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara hemat listrik dengan PJU Tenaga surya yang bisa kami bagikan. Meski masih belum luas, penggunaan panel surya di Indonesia bisa dibilang cukup banyak, entah itu untuk penerangan jalan atau juga sebagai suplai listrik di perumahan.

Penggunaan panel surya seperti pada PJU tenaga surya tentu turut mengindikasikan bahwa Pemerintah serius dalam mendukung pemakaian energi terbarukan. Tentunya hal ini perlu diapresiasi dan didukung oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga masyarakat luas untuk mendukung penggunaan panel surya.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *